Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Instalasi Kontrol Star Delta Menggunakan Software Fluid Sim

kembali lagi dengan saya disini, kali ini tekniklistrikku akan membahas tentang gambar rangkaian instalasi Kontrol Star Delta Menggunakan Software Fluid Sim. nah sebelum itu perlu diketahui terlebih dahulu apa itu rangkaian star delta dan apa itu software Fluid Sim.

Rangkaian Star Delta atau yang sering dseibut juga dengan rangkaian segitiga bintang adalah sebuah rangkaian instalasi yang digunakan untuk mengoperasikan motor 3 fasa. rangkaian ini difungsikan untuk mengurangi pemakaian arus yang berlebihan, sehingga rangkaian arus star delta ini memiliki sistem yang mengubah rangkaian dari star menjadi delta, dari bintang menjadi segitiga.

begitulah mungkin sedikit dari pembahasan rangkaian star delta, nah kali ini tekniklistrikku akan membuat rangkaian instalasi star delta dengan menggunakan software yang disebut dengan fluid sim.

Fluid Sim merupakan sebuah software yang biasanya digunakan oleh orang listrik untuk memudahkan mereka saat memasang instalasi motor dilapangan. Fluid Sim ini merupakan sebuah software teknik elektro, didalamnya kamu bisa membuat rangkaian instalasi penerangan, instalasi motor listrik, dan lain-lainnya.

kembali ke topik awal, berikut kita akan membahas soal bagaimana cara merangkai Instalasi Kontrol Star Delta Menggunakan Software Fluid Sim.

Berikut gambar kerjanya :



Berikut cara pemasangan rangkaian star delta menggunakan fluid sim :

1. pasang MCB sebagai pengaman
2. sambung ke off lalu ke on
3. pada tombol on sambungkan ke NO, saya kasih nama 13, 14 k1
4. pada tombol on juga sambung ke A1 K1
5. pada NO 14 k1, sambung ke NC 21, 22 lalu ke 1 TDR
6. 4 TDR dihubugkan ke A1 K1
7. pada NC 22 juga hubungkan ke 2 TDR
8. Hubungkan NO 13 k1 ke 1 TDR lalu ke 13 K2
9. 3 TDR hubungkan ke 14 K2
10. lalu hubungkan ke A1K2
11. pasang Nol pada tiap kontaktor, A2 k1,k2,k3 dan 7 TDR


Untuk mendownload filenya, silahkan kamu klik Disini.
Sebelum itu silahkan komentar izin download jika kamu menghormati orang yang membuat rangkaian ini, juga jangan lupa untuk dishare.
terima kasih.

3 comments for "Instalasi Kontrol Star Delta Menggunakan Software Fluid Sim"