Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menentukan Titik Cahaya atau Banyak Lampu Yang Diperlukan Dalam Suatu Ruangan

Kembali lagi dengan saya disini, Kali ini tekniklistrikku akan membahas tentang cara bagaimana menentukan titik cahaya dalam suatu ruangan. atau katakan saja secara mudahnya kita akan membahas tentang cara bagaimana menentukan berapa banyaknya lampu yang diperlukan untuk suatu ruangan.

Untuk menentukan banyak lampu dalam suatu ruangan bukanlah hal yang susah, namun juga bukanlah hal yang mudah. kenapa demikian? karena memang untuk menentukan banyaknya lampu atau titik cahaya yang diperlukan dalam suatu ruangan bukanlah dengan cara menebak-nebak saja, dengan cara mengira-ngira saja. perlu langkah-langkah yang tepat agar hasil dapat memuaskan.



Hal yang harus anda ketahui, dalam menentukan banyak lamu dalam suatu ruangan. Pasti ada ketentuan-ketentuan yang berlaku. Diperlukannya perhitungan yang tepat, agar cahaya dalam ruangan tersebut bagus dan merata dari berbagai sudut tempat tersebut.

Untuk menentukan banyaknya lampu dalam ruangan, ada juga faktor-faktor yang mempengaruhi, seperti hanya warna dinding, tinggi ruangan, faktor jendela, luas ruangan, dan lain sebagainya.

Berikut cara perhtingan yang baik didasarkan pada faktor-faktor yang mempengaruhinya :

a = Jarak lampu ke lampu
hn = Tinggi lampu tehadap bidang kerja
Jarak dinding ke lampu, umumnya 1/2 a.
F = Luas Ruangan = P x L
o= Daya Lampu yang diperlukan
E = 500 lux *sesuai ruangan

Pertama-tama tentukanlah luas ruangan tersebut dengan cara mengukur panjang dan lebar ruangan tersebut. Setelah itu kalikan panjang dan lebar, sehingga akan dapat hasil yang disebut dengan luas ruangan

Untuk tinggi lampu sampai ke bidang kerja perlu rumus yakni :
a/hn = 1/1 ataupun 1/1,5

Setelah itu tentukan berapa daya yang diperlukan dalam satu titik cahaya dengan cara sebagai berikut :

o = FxE/08

setelah didapat, maka lanjut kerumus =
Daya lampu = o/ banyak titik cahaya

Maka akan dapat daya lampu yang diperlukan dalam satu titik cahaya, sehingga hal ini dapat menentukan lampu jenis apakah yang diperlukan dalam ruangan tersebut.
Dengan demikian titik cahaya dalam ruangan tersebut akan didapat dan berapa daya yang diperlukan tiap titik cahaya juga akan didapat.

Post a Comment for "Menentukan Titik Cahaya atau Banyak Lampu Yang Diperlukan Dalam Suatu Ruangan"